Iffah Seorang Ibu Rumah Tangga yang sehari-harinya mengurusi Suami dan Anak nyambi belajar bisnis online dan berusaha berbagi informasi yang dirasa bermanfaat.

Apa Itu Web Hosting? Pemula Wajib Baca

Apa Itu Web Hosting? Pemula Wajib Baca

Jika Anda meneliti apa itu web hosting, Anda mungkin mencoba memahami cara mulai membuat situs web Anda. Web Hosting adalah hal yang harus dimiliki saat membuat situs web Anda aktif.

Kami telah menyusun artikel ini untuk membantu Anda memahami apa itu web hosting, mengapa Anda membutuhkannya dan bagaimana para penyedia hosting, dapat membantu Anda memulai dan menjalankan.

Apa Itu Web Hosting?

Web Hosting adalah layanan online yang memungkinkan Anda mempublikasikan file situs web Anda ke internet.

Jadi, siapa pun yang memiliki akses ke internet memiliki akses ke situs web Anda. Dalam praktiknya, biasanya mengacu pada layanan yang Anda dapatkan dari penyedia hosting.

Meskipun Anda secara teoritis dapat meng-host server sebenarnya untuk situs web Anda di rumah, namun tentunya mengandalkan penyedia layanan hosting web menawarkan banyak manfaat.

Bagaimana Cara Kerja Web Hosting?

Singkatnya, perusahaan provider hosting menyewakan layanan dan teknologi untuk menghosting situs web Anda di internet. Setelah Anda memilih nama domain dan mendaftar ke sebuah paket hosting, maka situs web Anda dapat diakses di internet.

Saat Anda menggunakan layanan hosting web, host web Anda bertanggung jawab untuk memastikan server Anda aktif dan berjalan.

Tidak hanya itu, tetapi ini juga merupakan pekerjaan host untuk mencegah pelanggaran keamanan dan menyimpan semua file, aset, dan database Anda ke server.

Jenis Web hosting Apa yang Ada?

Sebagian besar web host akan menawarkan jenis hosting yang berbeda dan masing-masing akan berbeda biayanya. Itu semua tergantung pada kebutuhan website Anda.

Saya telah menyusun daftar di bawah ini untuk membantu Anda memahami, jenis hosting mana yang paling cocok untuk Anda.

Shared Hosting

Shared Hosting adalah saat penyedia hosting web menghosting sejumlah situs web berbeda di server yang sama. Ini adalah bentuk hosting yang paling terjangkau karena Anda berbagi server yang sama, jadi Anda membagi biaya.

Jika Anda ingin memulai blog atau memiliki bisnis yang baru saja dimulai, hosting bersama adalah pilihan yang baik.

Baca lebih lanjut tentang Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Virtual Private Server (VPS)

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Seperti shared hosting, situs web yang menjalankan VPS berbagi server fisik dengan situs web lain. Namun, setiap penyewa VPS memiliki partisi sendiri dengan sumber daya khusus yang terjamin.

Seringkali terdapat lebih banyak memori, penyimpanan, dan daya pemrosesan yang tersedia – dengan label harga yang sesuai.

Hosting VPS direkomendasikan untuk pengguna yang sangat berpengalaman dengan keterampilan manajemen server.

Pelanggan VPS memiliki akses root ke partisi mereka dan dapat mengkonfigurasi perangkat lunak server mereka, misalnya Ubuntu, CentOS atau Windows Server.

Ini memberikan penyesuaian tingkat tinggi untuk menjalankan aplikasi web yang dibuat untuk sistem tersebut.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting berarti Anda memiliki seluruh server untuk Anda sendiri. Ini memberi Anda akses seperti VPS, tetapi Anda tidak perlu berbagi server dengan situs atau aplikasi lain.

Secara efektif, Anda menyewa server web fisik yang bertempat di fasilitas penyedia layanan Anda. Anda juga memiliki dukungan dan keahlian profesional saat dibutuhkan.

Cloud Hosting

Saat ini, cloud hosting telah menjadi istilah yang samar-samar. Jadi, saya sangat menyarankan untuk melihat lebih dekat apa yang Anda dapatkan jika Anda mendaftar untuk “Cloud Hosting”.

Pada awalnya, “cloud hosting” mengacu pada pengaturan VPS yang dapat diskalakan ke beberapa server; Dengan cara ini, jika aplikasi web Anda tiba-tiba mengalami lonjakan lalu lintas, sistem akan dapat menyediakan lebih banyak sumber daya dan menjaga semuanya berjalan lancar.

Cloud hosting akan memiliki model harga yang lebih bervariasi dan spesifikasi yang dapat berubah sebagai hasilnya.

Baca lebih banyak lagi tentang Apa yang Dimaksud dengan Hosting

Bagaimana Bisnis Online Saya Mendapatkan Keuntungan dari Layanan Web Hosting?

Untuk mempublikasikan website atau landing page Anda secara online, landing page atau website Anda memerlukan layanan hosting web.

Namun, web host memberi pemilik bisnis lebih dari sekadar layanan hosting web! Misalnya, perusahaan hosting web biasanya mempekerjakan teknisi in-house untuk memastikan situs web klien mereka aktif dan berjalan 24/7.

Selain itu, ketika pemilik situs web membutuhkan bantuan atau pemecahan masalah (misalnya skrip yang memulai debutnya, email tidak dapat mengirim / menerima, pembaruan nama domain, dan banyak lagi), dukungan internal host web adalah orang yang tepat.

Baca Juga:

Layanan hosting web profesional memastikan pengalaman yang tidak merepotkan bagi pemilik bisnis, sehingga mereka dapat memfokuskan waktu dan tenaga pada bisnis mereka secara efisien.

Iffah Seorang Ibu Rumah Tangga yang sehari-harinya mengurusi Suami dan Anak nyambi belajar bisnis online dan berusaha berbagi informasi yang dirasa bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *