Cara Membuat Landing Page Gratis

Cara Membuat Landing Page Gratis

Landing Page adalah sebuah elemen penting yang dibutuhkan dalam Digital Marketing. Landing Page biasanya berisikan mengenai detail dari sebuah produk atau jasa yang ditawarkan kepada customer yang nantinya masuk ke dalam website.

Landing Page biasanya bersifat sederhana dan mudah dipahami. Proses pembuatannya juga harus melingkupi beberapa hal yang dibutuhkan sehingga menarik perhatian pembaca. Bahkan, ada beberapa landing page yang hanya berisikan video atau gambar, namun memiliki tingkat konversi yang sangat tinggi.

Namun, bagi orang yang belum pernah membuat Landing Page, pasti bingung ketika akan memulainya. Bahkan, banyak yang menanyakan bagaimana cara membuat Landing Page? Apakah membuat Landing Page itu gratis? Dan pertanyaan serupa lainnya.

Pengertian Landing Page

Sebelum memberikan informasi mengena cara membuat landing page gratis, mari kita bahas dahulu tentang pengertian Landing Page.

Landing Page adalah sebuah halaman website statis yang difokuskan untuk menarik pengunjung guna keperluan mendapatkan penjualan dan penghasilan.

Landing Page biasanya fokus kepada salah satu bisnis yang dijalankan oleh perusahaan untuk mengarahkan pengunjung pada sebuah penawaran.

Platform Untuk Membuat Landing Page

Setelah mengetahui apa itu landing page, sekarang kita lanjutkan mengenai platform yang bisa digunakan secara gratis untuk membuat landing, diantaranya adalah.

Google Sites

Cara membuat landing page gratis paling mudah yaitu menggunakan Google Sites. Hampir semua email yang didaftarkan menggunakan layanan Gmail, bisa menggunakan Google Sites. Langkah-langkah yang dibutuhkan yaitu.

Pertama, buka halaman https://sites.google.com/ dan login menggunakan email dan password email. Setelah login akan ada halaman dimana kita bisa memilih template yang ingin digunakan.

Kedua, pilih template yang sesuai dengan usaha yang dijalankan. Ketika template sudah dipilih, maka kita bisa melakukan editing dengan mudah, karena google sites menggunakan dashboard yang bersifat What You See Is What You Get (WYSIWYG), jadi apa yang dilihat pada dashboard merupakan tampilan realtime yang akan terlihat sama ketika dilihat oleh pengunjung.

Ketiga, sesuaikan tampilan Landing Page, tambahkan tombol CTA agar bisa terjadi konversi pada landing page. Jika sudah dirasa pas dan sesuai, klik tombol Publish pada bagian kanan atas.

Keempat, setelah melakukan publish, akan ada pilihan untuk menambahkan nama website. Kalian bisa mendapatkan alamat website secara gratis atau juga menambahkan alamat website kalian sendiri.

Kelima, selesai. Landing page sudah siap digunakan dan disebarkan.

Zyro Website Builder

Platform lain yang juga bisa digunakan untuk membuat sebuah landing page adalah Zyro Website Builder. Platform ini menawarkan pengguna untuk bisa membuat single landing page secara gratis dengan cepat dan mudah.

Zyro Website Builder juga memiliki template yang bisa diedit sedemikian ruma sesuai keinginan dan kebutuhan bisnis pengguna. Salah satu kelebihan yang diusung leh Zyro Website Builder yaitu, pengguna bisa melakukan pengaturan SEO yang dibutuhkan nantinya.

Kelebihan lain yang dibawa oleh Zyro Website Builder adalah, adanya fitur AI Heatmap yang berguna untuk mendapatkan ide layout jika pengguna masih bingung mengenai Landing Page seperti apa yang di inginkan.

Bagaimana cara membuat landing page pada platform Zyro Website Builder? Begini langkahnya.

Pertama, daftar akun pada halaman Zyro Website Builder https://zyro.com/ kemudia pilih template sesuai kebutuhan bisnis kalian.

Kedua, edit dan sesuaikan tampilan dengan menambahkan atau menghapus elemen yag tidak di inginkan. Jangan lupa untuk menambahkan button CTA agar pengunjung memahami alur bisnis kalian. Semua editing bisa dilakukan hanya dengan drag n drop saja loh! Gampang bukan?

Ketiga, ketika sudah selesai melakukan editing, jangan lupa untuk melihat pratinjau Landing Page yang sudah kalian buat. Apakah sudah terlihat bagus ketika dibuka melalui desktop maupun mobile?

Keempat, jika tampilan sudah seperti yang di inginkan, langkah selanjutnya klik Onlinekan Website untuk bisa segera memasarkan bisnis kalian.

Membuat Landing Page di WordPress

Selain menggunakan platform seperti di atas, membuat Landing Page saat ini bisa dilakukan pada WordPress dengan menggunakan Gutenberg Editor. Langkahnya pun cukup sederhana, yaitu.

Pertama, pada halaman dashboard wordpress, arahkan mouse kursor ke bagian Pages kemudian pilih Add New.

Kedua, pada Gutenberg Editor tambah pilihan Add Block di bagian pojok atas editor. Pilih block yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Akan ada pilihan pattern yang bisa dipilih untuk menambahkan header dan juga button untuk keperluan CTA. Edit landing page sesuai kebutuhan kalian ya.

Ketiga, ketika halaman sudah dirasa cukup bagus, tekan publish dan kembali ke dashboard. Halaman Landing Page sudah siap untuk ditayangkan.

Itulah tiga platform yang bisa kalian gunakan untuk membuat Landing Page. Namun, ada gak sih hal hal khusus yang perlu diperhatikan ketika akan membuat landing page? Tentu saja ada! Berikut tips dari kita untuk membuat landing page yang mutakhir.

Tips Dalam Membuat Landing Page

Setelah membuat Landing Page dan siap memasarkannya, ada beberapa tips yang perlu dilakukan untuk kebutuhan optimasi landing page itu sendiri, diantaranya yaitu.

Pasang Google Analytic

Untuk mengoptimalkan hasil yang diperoleh dari Landing Page, pasang Google Analytic untuk keperluan mendapatkan data yang spesifik dari pengunjung yang masuk ke dalam Landing Page.

Google Analytic memberikan laporan yang cukup lengkap untuk mendapatkan data yang diperlukan untuk pengembangan, seperti:

  • Laporan Realtime Pengunjung, google analytic memberikan laporan secara realtime tentang berapa orang yang sedang mengunjungi landing page kalian. Tidak hanya itu, Google Analytic juga meberikan semua informasi yang dibutuhkan mulai dari kota tempat mereka berasal hingga dari rujukan mana mereka mengunjungi website tersebut.
  • Conversion Overview, fitur lain yang sangat dibutuhkan adalah Conversion Overview dimana google analytic memberikan informasi mengenai berapa persen pengunjung yang didapatkan dan lain sebagainya
  • Multi-channel Conversion Visualizer, sebuah fitur yang akan menamplkan informasi mengenai dari mana pengunjung berasal.

Gunakan Bahasa Persuasif

Tips kedua dalam mengoptimalkan Landing Page yaitu menggunakan bahasa yang persuasif dan jangan bertele tele. Pastikan semua hal yang perlu diketahui pengunjung atau client sudah tersedia pada halaman tersebut.

Bila perlu, tambahkan media pendukung mulai dari Video dan Gambar yang terkait dengan bisnis yang dijalankan. Sehingga nantinya, ketika pengunjung menghubungi Customer Service, mereka sudah paham dengan apa yang akan mereka beli.

Nah, itulah pembahasan yang bisa kita sharing dalam artikel kali ini. Mulai dari pengertian Landing Page, cara membuat landing page menggunakan beberapa platform baik gratis maupun berbayar, hingga tips dan trik cara melakukan optimasi pada landing page yang sudah dibuat.

Jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar jika ada hal hal yang kurang jelas, sebisa mungkin akan kita bantu untuk menjawab kegelisan pembaca blog ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *