Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Website Untuk Keperluan Bisnis

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Website Untuk Keperluan Bisnis

Website saat ini seperti sebuah paket wajib bagi seseorang yang memiliki sebuah bisnis. Entah website nantinya hanya berupa company profile hingga menyajikan artikel terbaru yang berhubungan dengan website mereka.

Namun, sebelum membahas bagaimana website yang pas untuk sebuah bisnis, kita perlu mengetahui apa sih website itu? apakah ada kelebihan dan kekurangan pada website yang perlu kita tahu? Hal ini akan kita bahas pada artikel singkat ini.

Pengertian Website

Dari apa yang saya baca dan dapatkan, website adalah beberapa kumpulan halaman yang saling terkoneksi dalam jaringan komputer yang sama dimana dia memberikan informasi yang berupa teks, gambar, video dan juga audie di Word Wide Web atau lebih dikenal dengan WWW.

Website sendiri merupakan bahasa inggris yang dalam bahasa Indonesia lebih sering dikenal dengan nama situs web. Website juga lebih dikenal dengan nama web atau site.

Pemilik sebuah website sangat beragam, bisa dimiliki oleh individu, perusahaan dan juga organisasi. Umumnya, sebuah website memberikan informasi mengenai produk atau jasa tertentu yang disajikan pada portofolio di halaman depan website.

Untuk dapat membuat sebuah website, seseorang harus memiliki skill dasar seperti bahasa pamrograman web, jaringan internet hingga paham mengenai server yang dibutuhkan untuk membuat website.

Perbincangan selanjutnya tentang website biasanya dilanjutkan dengan sama atau tidak Blog dengan website? Beberapa orang menganggab keduanya adalah hal yang berbeda.

Namun, untuk saat ini banyak juga website corporate yang dibuat menggunakan CMS atau Content Managemen System WordPress. Jadi, menurut saya pribadi, tidak ada bedanya.

Sementara itu, untuk membuka sebuah website, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti harus adanya jaringan internet dan juga web server sebagai tempat penyimpanan data website yang kemudian dibuka melalui peramban yang sering digunakan seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan sejenisnya untuk membaca bahasa pemrograman yang digunakan.

Jadi, sebenarnya, ketika membuka sebuah website banyak hal yang terjadi di belakang website tersebut, dimana halaman browser memanggil sebuah IP Adress domain yang digunakan hingga akhirnya terbuka semua file yang disimpan di dalam web server.

Website sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya seperti:

  • Website Company Profile
  • Website Perusahaan
  • Website Organisasi
  • Website Sekolah
  • Website Universitas
  • Forum
  • Portofolio
  • Personal Website atau Blog
  • E-Commerce

Jadi, sebelum kalian membuat website, tentukan dulu website seperti apa yang ingin kalian buat, apakah personal atau untuk sebuah organisasi. Karena nantinya ini akan berpengaruh kepada desain dan konten seperti apa yang dibutuhkan untuk website tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Website

Sudah dapat dipahami diatas bahwa website adalah sebuah system, dimana pastinya setiap sistem memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, begitu juga website. Nah, bagaimana sih kelebihan dan kekurangan website?

Kelebihan Website

  • Murah dalam Melakukan Promosi, seperti yang diketahui bahwa membuat sebuah website untuk media promosi jauh lebih murah daripada melakkan media promosi dengan media lain, seperti TV, Radio ataupun media periklanan banner seperti billboard, megatron ataupun videotron.
  • Elegan, kesan yang penting untuk didapatkan saat ini adalah elegan, karena di era digital seperti saat ini kurang rasanya jika sebuah perusahaan baik besar maupun kecil tidak mempunyai website.
  • Trusted, dengan memiliki sebuah website, tingkat kepercayaan sebuah client kepada perusahaan kita tentu akan lebih tinggi.
  • Efisien, karena dengan Website maka semua orang bisa mencari informasi tentang bisnis kita tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

Kekurangan Website

  • Biaya Building yang tinggi, biasanya ketika membuat sebuah website, maka biaya awal akan terlihat tinggi karena dibutuhkan desain web dan lain sebagainya.
  • Perlu Admin, untuk mengelola sebuah website, tentunya kita perlu memiliki seorang pegawai atau admin website yang paham dengan hal ini, karena website perlu dilakukan maintenance secara berkala untuk melihat apakah masih bisa diakses atau tidak karena server down.

CMS Untuk Membuat Website

Saat ini, untuk membuat sebuah website sebenarnya tidak terlalu sulit, karena sudah ada beberapa developer yang menyediakan platform untuk mengelola sebuah website.

Mungkin ada diantara pembaca disini yang kurang mengetahui atau bahkan tidak tahu sama sekali mengenai platform apa saja yang bisa digunakan untuk membangun sebuah website yang lebih dikenal dengan nama Content Management System (CMS).

Pengertian CMS

CMS adalah akronim dari Content Mangement System, dimana CMD merupakan sebuah sistem informasi yang fokus bertujuan untuk menampilkan konten.

Wikipedia menyebutkan bahwa Content management System adalah sebuah software yang digunakan untuk menambahkan dan memanipulasi isi dari suatu website. Jadi, CMS bisa di download, install bahkan di kostum sesuai kebutuhan kita.

Sampai disini sudah jelas bukan jika ada pertanyaan apakah membuat sebuah website harus dimulai dari Nol? Jawabannya tidak! Karena kita bisa memanfaatkan CMS yang ada untuk pre-build website.

Mengenal Beberapa CMS

WordPress

Salah satu content management system yang paling banyak digunakan saat ini adalah WordPress. Pada halaman utama mereka, WordPress mengatakan bahwa semua orang bisa membuat website sesuka hati dan sesuai keinginan. Semua orang bisa membuat sebuah website dalam hitungan menit bahkan tanpa pengetahuan teknis sekalipun.

Pada sebuah survey yang dilakukan oleh Trends Builtwith bahwa hampir 30% pengguna website aktif di seluruh dunia menggunakan wordpress atau total websitenya adalah 22.647.100.

Oh iya, WordPress disini bukan akhiran sebuah blog sepert blablabla[dot]wordpress[dot]com ya, melainkan wordpress.org yang menyediakan layanan konten management sistem.

 Joomla

CMS lain yang bisa digunakan secara gratis adalah Joomla. Joomla adalah sebuah CMS Open Source yang bisa dikostumisasi dengan mudah, sehingga cocok juga digunakan buat kalian yang belum pernah membuat sebuah website.

Meskipun penggunanya belum sebanyak wordpress, Joomla sebenarnya memiliki keunggulan yang cukup banyak, diantaranya User Friendly, Multi bahasa, responsive bahkan SEO Friendly.

Drupal

Selanjutnya adalah Drupal, dimana drupal memiliki kelebihan dalam hal mudah untuk pengelolaan konten, reliable performance, fitur metadata, XML publishing hingga memiliki security keamanan yang baik.

Tiga CMS diatas merupakan CMS yang paling cocok untuk membuat sebuah website. Nantinya, dalam pengembangan beberapa CMS diatas bahkan bisa digunakan untuk membuat sebuah toko online dan website lainnya.

Begitulah sedikit penjelasan mendasar dari saya mengenai apa itu website, yang dilanjutkan dengan pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan website.

Selain itu, semoga sedikit pembahasan mengenai CMS bisa membuat pembaca memahami bahwa untuk dapat membangun sebuah website tidak diperlukan skill yang tinggi, cukup dengan kemauan belajar semuanya pasti bisa dipelajari dengan mudah.

Jika ada pembahasan yang susah dimengerti dan belum dipahami, silahkan tinggalkan komentar di website ini secara jelas, sebisanya kami akan membantu teman teman semua untuk bisa lebih memahami hal hal mengenai website dan sejenisnya.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel hari ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *