Kriteria Website Yang Baik Agar Pengunjung Betah

Kriteria Website Yang Baik Agar Pengunjung Betah

EditMed.com – Pandemi membuat orang banyak belajar banyak hal baru, seperti bersepeda, membuat video keseharian menulis hingga ada juga yang meluangkan waktunya untuk membuat blog atau website.

Sebelum membuat sebuah blog atau Website, kebanyakan orang yang baru belajar akan bertanya bagaimana kriteria website yang baik untuk pembaca dan betah berlama lama membaca tulisan yang kita buat.

Untuk itu, sebagai seorang penulis website kita perlu memahami bagaimana tipe pembaca blog kita dan seperti apa artikel dan tulisan yang mereka perlu baca. Namun, ada beberapa faktor lain yang juga perlu diperhatikan agar kriteria website yang baik ini terpenuhi, apa sajakah itu? Mari kita bahas.

Beri Konten Terbaik

Syarat pertama untuk membangun sebuah website yang baik yaitu dengan memberikan konten yang relevan dan seuai dengan kebutuhan pengujung. Kriteria web yang baik tentu saja harus menempatkan pembaca pada urutan teratas hal yang kudu diperhatikan.

Pastikan konten yang ditulis pada website memiliki kata kunci yang memang banyak dicari oleh pembaca dan bisa masuk ke dalam mesin pencari.

Secara gampang, sebelum menulis sebuah artikel posisikan diri kita seperti seorang pembaca dan cari keunikan dari tulisan yang akan kita buat.

Sesuaikan Desain Website

Jika tulisan sudah disesuaikan dengan pembaca, hal selanjutnya yang bisa menjadi indikator kriteria website yang baik adalah desain dari website itu sendiri.

Peletakan ornamen dalam blog haruspas dan sesuai dengan apa yang  ditampilan. Sebagai contoh, jika artikel yang dibahas tentang bagaimana teknik menulis yang baik maka pada bagian sidebar perlu juga ditambah dengan artikel lain yang satu tema atau katefori yang sesua.

Fungsi dari sidebar tersebut memudahkan pembaca untuk mencari artiket terkait yang mereka butuhkan dan juga agar pembaca betah berlama lama di website kita karena menemukan informasi yang bermanfaat bagi mereka.

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan warna yang ringan dan mudah di ingat. Hindari font dan warna yang tidak terbaca dan mengganggu pandangan pembaca,

Peletakan gambar dalam artikel juga perlu diperhatikan. Jika memang pada artikel diperlukan beberapa gambar perjelas, maka harus ditambahkan dengan narasi dan deskripsi yang mudah dipahami.

User Friendly Mode

Kriteria website yang baik juga seharusnya user friendly. maksud user friendly disini antara lain yaitu cepat diakses dan memberikan informasi yang bisa dilihat dan dipahami dengan baik.

Untuk itu sebagai pemilik website perlu memperhatikan kecepatan website dengan meringankan ukuran halaman website kita. Karena perlu dipikirkan juga pembaca blog kita yang belum tentu memiliki koneksi internet yang sama cepatnya dengan apa yang kita gunakan.

Tak jarang ketika melakukan pencarian dan masuk ke dalam website yang memiliki loading agak lama, saya sendiri langsung menutup halaman tersebut karena tidak mau menunggu. Maka perlu juga belajar bagaimana melakukan optimasi dalam sebuah website.

Website Responsive

Responsve adalah sebuah fitur dimana website kita bisa terbuka di beberapa perangkat yang berbeda dan bisa menyesuaikan tampilannya. Ini merupakan syarat penting karena banyak dari pengguna saat ini mengakses dan mencari informasi melalui smartphone mereka.

Tapi, untuk masalah responsive, kita sudah bisa menggunakan template atau tema yang sudah disediakan oleh para developer baik itu template yang berbayar maupun gratis, semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan website kita.

Salah satu bagian dari responsive website yang sempat diperkenalkan oleh google yaitu AMP dimana menurut google, website dengan AMP Version memiliki kecepatan loading 4x lebih cepat dari pada mobile version dan juga bisa memperkecil ukuran website hingga 10x lipat.

Namun, saat ini penggunaan AMP bagi kebanyakan blogger sudah jarang dilakukan karena kebutuhan akan tampilan yang terbatas sehingga banyak yang memilih kembali ke mobile responsive untuk menyajikan website kepada para pembaca.

Kompatibel dengan Banyak Browser

Sebagai pembuat dan pengelola website, kita harus sadar bahwa user atau pembaca melihat website kita melalui browser yang berbeda beda. Ada yang menggunakan Google Chrome, ada juga yang menggunakan Mozila Firefox, Mocrosoft Edge, Opera hingga UC Browser.

Untuk itu, ketika membangun sebuah website kita perlu mencoba membuka website kita ke semua browser yang tersedia untuk memastikan bahwa website kita aman dan nyaman untuk pembaca.

Jika setelah dilakukan pengecekan ke semua browser dan ternyata masih ada yang bermasalah, segera temukan apa yang perlu dilakukan agar website kita bisa diakses di browser tersebut.

Optimasi dan Terintegrasi dengan Tracking Sistem

Dari sisi pembuat website, hal yang perlu diperhatikan ketika membangun sebuah website baru adalah pada bagian optimasi dan integrasi. Optimasi yaitu membuat struktur pada website agar  ‘terlihat’ rapi oleh mesin pencari. Seperti adanya Judul, Sub Judul dan sub sub judul pada artikel dan juga pembagian kategori website dan lain sebagainya.

Sementara integrasi adalah menautkan website kita kepada beberapa platform baik sosial media dan juga layanan tracking dan webmaster untuk melakukan analisa kepada setiap pengunjung yang masuk ke website kita.

Beberapa layanan seperti tracking dan webmaster antara lain; Google Analytic, Google Searh Console, Bing Webmaster dan sejenisnya. Sedangkan optimasi lain yang perlu diperhatikan adalah gambar, pastikan gambar yang diuplod ke dalam website memiliki ukuran yang kecil namun tetap memperhatikan tingkat ketajaman gambar.

Keamanan dan Penyimpanan

Terakhir namun bukan akhir dari pembuatan website adalah perlunya keamanan dan penyimpanan yang baik untuk website kita. Dalam hal ini adalah perlunya hosting yang bagus dengan support yang fast respon karena kita tidak tahu kapan tiba tiba website kita akan down dan lain sebagainya.

Untuk keamanan, selain dari pihak hosting, kita juga perlu memahami pola kerja plugin keamanan agar tidak diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tips keamanan paling dasar diantaranya adalah mengubah url halaman login pada website wordpress kita dan bisa juga dengan memberikan Captcha dan pembuatan password yang tidak mudah ditebak oleh orang.

Itulah sedikit ulasan dari kita mengenai beberapa kriteria yang dibutuhkan oleh sebuah website untuk menjadi yang terbaik dan mendapatkan pengunjung yang ramai.

Setelah semua aspek diatas terpenuhi, hal yang paling sulit dalam membangun sebuah website adalah konsisten dalam memberikan informasi kepada para pembaca.

Biasanya problem paling dasar bagi seorang blogger pemula adalah malasnya melakukan update sehingga website yang sudah dibangun dengan baik akhirnya tidak ada pembaca karena kurangnya konten yang disajikan.

Padahal, saat ini sangat mudah bagi kita pemilik website untuk mendapatkan informasi dari media online lain dan kemudian dikemas dengan gaya bahasa kita sendiri untuk disampaikan kepada para pembaca.

Nah, semoga artikel ini bisa membantu kalian semua yang sedang dalam tahap membangun sebuah website dan sedang mencari bagaimana sih kriteria website yang baik? Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *