Iffah Seorang Ibu Rumah Tangga yang sehari-harinya mengurusi Suami dan Anak nyambi belajar bisnis online dan berusaha berbagi informasi yang dirasa bermanfaat.

Menu yang Harus Ada di Website Anda

Menu yang Harus Ada di Website Anda

Bagi anda yang mungkin saat ini baru pertama kali punya website, tentunya anda ingin agar website anda lebih bagus, nampak profesional dan menarik bagi para pengunjung. Sayangnya tidak sedikit pemilik website yang lupa untuk menambahkan elemen penting bagi perkembangan websitenya. Maka dari itu, pada tulisan ini saya mau share tentang menu yang harus ada di website anda.

Apa Itu Menu?

Menu pada website merupakan suatu bagian penting yang fungsinya dapat memudahkan navigasi pengungjung saat berselancar di website anda. Pada menu tersebut anda bisa menyematkan link-link menuju halaman tertentu di website kita.

Biasanya menu-menu tersebut ditampilkan pada bagian header website, kadang juga di sidebar, bahkan juga di bagian footer website kita.

Daftar Menu yang Harus Ada di Website

Sebenarnya tidak ada standar baku mengenai menu-menu apa saja yang harus ada di dalam website kita. Hanya saja, jika sebuah website tidak menggunakan Menu, tentu akan menyulitkan pengunjung dalam mencari informasi lebih detail tentang website anda. Jika tidak ada menunya, ya sama aja dengan sekedar landing page.

Baca di sini: Perbedaan Website dan Landing Page

Oleh karena itu, berikut ini saya akan share beberapa menu penting yang harus ada di website atau blog, khususnya bagi anda yang websitenya menggunakan CMS WordPress.

1. Homepage

Saya menyebutnya Beranda. Menu ini merupakan Menu utama yang sekaligus menjadi halaman utama yang terdapat pada bagian depan sebuah website yang isinya beberapa pilihan halaman mana yang akan dituju oleh pengunjung.

Beranda web umumnya halaman pada Domain utama yang memuat sekilas informasi yang selanjutnya mengarah pada halaman yang lebih spesifik yang bertujuan untuk mengelola konten website agar lebih mudah ditemukan oleh pengunjung.

2. Menu “Tentang”

Menu selanjutnya yang sebaiknya ada pada website anda adalah menu yang mengarahkan pengunjung kepada Halaman “Tentang Kami”. Anda boleh menggunakan nama pada halaman ini dengan “tentang” seperti di Blog saya ini, atau “Tentang Kami”, “About Us”, atau yang lainnya, tergantung jenis website yang Anda kelola.

Tujuan dari adanya halaman ini adalah untuk memberikan informasi kepada pengunjung tentang si pemilik website, tujuannya membuat web/blog, mungkin visi dan misinya, kegunaannya, dan segala informasi yang pengunjung butuhkan tentang website tersebut.

Menu ini sangat penting, karena halaman tentang ini akan menambah tingkat kepercayaan pembaca, atau bahkan bisa mengenal lebih banyak tentang diri anda.

3. Menu “Privacy Policy”

Menu ini aka mengarahkan pembaca ke halaman Kebijakan Privasi atau Privacy Policy. Halaman ini biasanya digunakan untuk memberikan penjelasan kepada pengunjung tentang bagaimana sebuah website mengelola informasi pengunjung.

Misalnya, tentang penggunaan Data pengunjung walaupun secara langsung andatidak mengumpulkan atau menggunakan data, namun kadang aplikasi dari pihak ketiga yang mengelola cookies pada browser pengguna. Contohnya Google AdSense..

Jika anda bingung membuat halaman ini, Anda bisa coba gunakan privacy policy generator untuk memperoleh format teks lalu anda sesuaikan dengan website yang sedang Anda kelola.

Selain itu sebenarnya, sudah ada halaman privacy policy bawaan wordpress saat anda baru menginstallnya. Anda kalau tidak mau repot menulis, anda bisa langsung terbitkan halaman tersebut.

4. Menu “Kontak”

Menu ini berfungsi sebagai navigasi yang mengarahkan pengunjung untuk bisa berkunjung ke halaman informasi kontak anda. Biasanya halaman ini umumnya berisi form kontak agar pembaca yang mau mengirimkan anda pesan bisa langsung melalui form tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page di WordPress dengan Mudah

Selain itu, halaman ini juga sebaiknya berisi informasi tentang Nomor HP atau profil akun Media sosial anda, alamat email, lokasi anda, dsb. Tujuannya agar pengunjung punya beberapa pilihan untuk dapat terhubung dengan Anda.

5. Menu Lainnya

Pada bagian ini saya tidak perlu menyebutkan apa-apa saja. Karena anda bisa dengan mudah membuat menu pada website wordpress anda. Anda bisa menambahkan Kategori sebagai menu, anda juga bisa menggunakan custom link untuk disematkan pada menu.

Bahkan, anda bisa menambah menu sesuai dengan jenis website anda. Seperti, Registrasi, Login/Logout, Layanan, Advertising, dan lain sebagainya.

Oke, saya pikir cukup dulu tulisan saya kali ini. Bagi saya, secara umum Menu yang Harus Ada di Website dan betul-betul wajib ada yaitu 4 Menu yang saya sebutkan di atas. Selebihnya silahkan bisa menyesuikan dengan jenis website anda. Semoga Bermanfaat

Iffah Seorang Ibu Rumah Tangga yang sehari-harinya mengurusi Suami dan Anak nyambi belajar bisnis online dan berusaha berbagi informasi yang dirasa bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *