Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukses Online

Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukses Online

Bagi pengunjung sebuah website kecepatan situs yang dikunjungi adalah sesuatu yang penting karena akan menghemat waktu mereka dalam berselancar maupun berbelanja melalui mesin pencari.

Untuk itu, sebagai pemilik sebuah website baik toko online maupun perusahaan harus memperhatikan kecepatan website untuk bisa sukses di jagad online.

Pentingnya mengatur kecepatan website untuk sukses online bagi pebisnis akan bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk kembali datang dan melakukan pembelian kembali produk atau layanan yang ditawarkan.

Alasan tersebut yang membuat blog ini akan membahas sedikit mengenai indikator yang diperlukan untuk membuat website perusahaan dan pelaku bisnis menjadi lebih cepat.

Beberapa hal yang nantinya akan dibahas yaitu meliputi tampilan website untuk kebutuhan pengguna mobile hingga langkah langkah yang dibutuhkan untuk melakukan optimasi pada gambar dan video yang digunakan untuk keperluan promosi produk dan layanan yang ada. Jadi, langsung saja kita mulai ya.

Gunakan Tampilan Responsif

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mempercepat tampilan website agar sukses di dunia online adalah menggunakan template dan tampilan yang responsif.

Tampilan responsif yang dimaksud disini yaitu, website yang kamu miliki atau gunakan untuk bisnis harus bisa diakses melalui desktop dan juga mobile sehingga memudahkan pembaca yang akan menyimpan halaman kalian dan membukanya di perangkat lain yang mereka miliki.

Biasanya, penyedia template pada website akan memberikan informasi apakan tampilan yang dijual sudah responsif atau belum, jadi perhatikan dengan baik sebelum memilih tampilan yang akan kalian gunakan untuk keperluan bisnis.

Gunakan Video dan Gambar Ukuran Kecil

Tips selanjutnya untuk bisa meningkatkan kecepatan sebuah website agar bisa mendapatkan kesuksesan di dunia online adalah menggunakan ukuran video dan gambar yang kecil dan jangan terlalu besar.

Pastikan bahwa gambar yang kalian gunakan sudah mengalami proses kompresi agar ukuran menjadi lebih kecil sehingga proses loading pengguna yang masuk ke dalam website kalian menjadi lebih cepat.

Cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan optimasi gambar adalah dengan menggunakan CDN Image seperti cloudimage ataupun CDN lainnya. Bagian terpenting yaitu jika gambar dan video bisa diletakkan diluar website utama akan lebih baik untuk menambah kecepatan sebuah website.

Pilih Hosting Berkualitas

Kemudian aspek lain yang juga mempengaruhi cepat atau tidaknya sebuah website adalah hosting yang digunakan. Untuk itu, perlu riset terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan hosting.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sebuah hosting antara lain yaitu:

  • Pastikan Hosting Memiliki Penyimpanan yang Cukup dan sudah menggunakan SSD agar loading website cepat.
  • Pastikan bahwa Hosting memiliki keterangan yang jelas tentang inode dan maksimal pengunjung yang bisa ditampung oleh server.
  • Pastikan juga bahwa hosting memiliki support yang memuaskan.

3 hal ini merupakan hal yang paling krusial. Namun jika kalian sudah paham dengan hosting atau server maka penggunaan VPS sangat disarankan karena bisa di handle secara penuh.

Kurangi Plugin Pada Website

Kemudian, untuk menambah kecepatan sebuah website untuk keperluan bisnis online yaitu kurangi plugin yang di Install pada website tersebut.

Biasanya, pembuat website ada yang memiliki keingingan untuk melihat semua laporan yang ada pada halaman dashboard website dengan menginstall banyak plugin.

Padahal, untuk memperingan sebuah website plugin yang di install harus minimalis dan disesuaikan dengan kebutuhan saja. Sementara hal lain seperti analisa visitor bisa dilakukan pada halaman layanan tracking yang digunakan.

Kenapa perlu untuk mengurangi plugin? Karena plugin secara tidak langsung akan meambah query table pada website yang digunakan dan membebani server dan hosting yang ada.

Pasang Plugin Cache

Tips optimasi lain yang berfungsi untuk mempercepat loading website yaitu cache. Cache adalah sebuah penyimpanan sementara data dari halaman website yang bertujuan untuk mempercepat loading halaman website.

Cache akan terasa ketika pelanggan membuka website untuk kali kedua atau kali ketiga. Sementara pada proses kunjungan pertama, plugin cache akan menyimpan data halaman yang dibuka sebelumnya dan menyimpannya di dalam server. Sehingga pengunjung yang datang kemudian akan membuka halaman yang sudah tersimpan sebelumnya tanpa melakukan loading data.

Beberapa plugin cache populer yang banyak digunakan saat ini adalah:

  • W3 Total Cache
  • WP Rocket
  • WP Super Cache
  • WP Fastest Cache
  • Hyper Cache

Optimasi Database

Lalu ada juga cara mudah untuk mempercepat loading sebuah website yaitu dengan melakukan optimasi database. Optimasi database bisa dilakukan dengan melakukan isntalasi plugin WP-Optimize.

Plugin yang satu ini memiliki fitur untuk bisa melakukan optimasi database juga melakukan compress gambar, translate, melakukan blok komentar spam dan fitur lainnya yang sangat dibutuhkan untuk mempercepat loading website kalian.

Minify File CSS dan Javascript

Selain cara diatas, perlu juga dilakukan Minify terhadal file CSS dan juga javascript yang ada pada website. Minify sendiri merupakan sebuah proses untuk menghilangkan karakter yang tidak digunakan dalam struktur kode yang ada pada website.

Hal ini kemudian menjadikan file kode tersebut menjadi lebih ringan dan cepat di eksekusi guna mempercepat loading sebuah website. Untuk Minify ini, kalian bisa menggunakan plugin Autoptimize

Plugin Autoptimize sangat mudah digunakan dan proses optimasi CSS dan Javascript karena memiliki setting yang tidak terlalu banyak.

Nonaktifkan Trackback dan Pingback

Tips terakhir yang akan dibagikan disini untuk bisa mempercepat loading sebuah website adalah menonaktifkan trackback dan pingback. Meskipun secara fungsi bisa membuat index bagus, namun trackback dan pingback bisa menimbulkan banyak backlink spam yang secara otomatis akan menjatuhkan website kalian di mesin pencari.

Spam yang banyak nantinya akan membuat website terbebani karena menyimpan query di database. Jadi alangkah baiknya dimatikan saja.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk mempercepat loading website agar mendapatkan sukses ketika masuk ke dalam dunia marketing dan jualan online. Butuh waktu untuk belajar dan beradaptasi, namun ketika sudah berjalan dengan baik maka hasil yang di dapatkan akan maksimal.

Optimasi yang disajikan disini semuanya harus dilakukan secara berkala agar tidak terjadi kesalahan. Karena itu perlu fokus yang baik ketika melakukan optimasi pada sebuah website.

Alangkah baiknya dilakukan pengecekan berkala untuk mengetahui perkembangan pada website kalian. Karena semakin banyak visitor yang masuk akan muncul problem di tengah jalan, seperti kurang mampunya server untuk menghandle pengunjung dan lain sebagainya.

Jika kalian merupakan pebisnis yang tidak memiliki kemampuan untuk maintenance sebuah website, lebih bagus lagi untuk merekrut seseorang yang mampu dan paham lebih jauh tentang website.

Tapi, jika belum ada anggaran yang cukup, maka bisa melihat tutorial yang tersebar di mesin pencari atau bisa juga mengunjungi website ombaldan.id yang merupakan sebuah website tentang digital marketing dan membahas segala aspek tentang dunia online. Mulai cara membuat sebuah blog, membuat iklan di sosial media dan banyak lagi info menarik yang bisa kalian dapatkan disana.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *