Iffah Seorang Ibu Rumah Tangga yang sehari-harinya mengurusi Suami dan Anak nyambi belajar bisnis online dan berusaha berbagi informasi yang dirasa bermanfaat.

Perbedaan Website dan Landing Page

Perbedaan Website dan Landing Page

Mengawali tulisan pertamaku di blog ini, saya akan sharing mengenai Perbedaan Website dan Landing Page. Landing page ini boleh dibilang tegolong istilah yang cukup lama ada di dunia internet marketing, tapi, belakangan istilah ini semakin trend dibahas, mungkin karena orang-orang yang jualan online pun sudah semakin banyak, produk pun sudah semakin beragam.

Jika kamu pehatikan sekilas, website dan landing page punya kemiripan. Tapi, sebetulnya keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Namun sebelum saya share bedanya, kita bahas sama-sama terlebih dahulu pengertian landing Page dan website itu sendiri.

Apa itu Landing Page?

Landing Page adalah sebuah halaman yang didesain secara khusus untuk mengarahkan pengunjung ke target yang lebih spesifik, seperti Halaman khusus produk atau halaman penawaran. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa landing page adalah sebuah halaman khusus mengenai penawaran produk atau jasa.

Jenis Landing Page

Secara umum ada 2 jenis Landing Page yang paling sering kita jumpai, yaitu:

1. Landing Page Lead Generation, LP jenis ini biasanya dibuat lebih ringkas, menarik, dan jelas. Fokusnya pada konversi user atau didesain khusus untuk collect lead secara langsung. Misalnya mendapatkan Voucher Diskon, Ebook Gratis, newsletter, dan kupon khusus.

2. Landing Page Click Through, LP jenis ini mempunyai informasi detail mengenai produk atau sebuah penawaran yang lebih spesifik kepada pengguna dan atau pelanggan. Biasanya halaman tersebut berisi informasi khusus tentang layanan atau product knowledge dan dilengkapi dengan tombol call-to-action (CTA) yang terhubung langsung dengan halaman registrasi atau transaksi selanjutnya.

Lalu Apa Itu Website?

Dikutip dari Blog https://ombaldan.id/, Website yaitu kumpulan beberapa halaman web yang terdiri dari tulisan/teks, gambar, video, audio, animasi bahkan gabungan dari semuanya, yang bisa diakses melalui sebuah domain serta dibuat dengan tujuan tertentu di mana setiap halamannya saling berhubungan.

Perbedaan Website dan Landing Page

Nah, setelah saya bahas pengertian masing-masing, sekarang mari kita kupas perbedaan keduanya. Berikut rangkumannya:

1. Tujuan

Perbedaan paling mencolok antara website dan landing page yaitu tujuannya. Senada dengan apa yang telah saya sebutkan di atas, bahwa website dibuat sebagai halaman yang mempresentasikan suatu bisnis, agar mempermudah orang lain menemukan informasi seputar bisnis dan mendapatkan banyak traffic, sementara sebuah landing page didesain dengan tujuan yang lebih spesifik.

2. Audiens

Sebagaimana tujuannya yang memang dibuat agar mudah menjelaskan suatu bisnis, website juga mempunyai cakupan audiens yang lebih luas. Sementara, audiens dari landing page sedikit lebih spesifik.

Umumnya, orang yang mengunjungi landing page memang karena ia sudah memiliki interest terhadap suatu penawaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa landing page adalah sebuah channel pemasaran untuk menyaring audiens tertentu.

3. Konten

Sebagaimana pengertian website di atas sebelumnya, umumnya website mempunyai sejumlah halaman yang terpisah dan setiap halaman ditambahkan ke dalam sebuah menu, seperti; Beranda, tentang kami, kontak, dan sebagainya.

Adapun kontennya, website biasanya lebih cenderung general, sedangkan landing page kontennya lebih detail dan spesifik serta mengandung ajakan untuk bertindak yang biasa disebut sebagai Call to Action (CTA)

Walapun sebenarnya sebuah penawaran khusus dapat juga dimasukkan ke dalam website, namun landing page tetaplah diperlukan supaya pengunjung dapat diarahkan lebih fokus pada satu tujuan dan tidak teralihkan oleh konten yang lain.

Contohnya seperti saat memberikan penawaran harga promo diskon 80%, tentunya membuatkan landing page secara khusus untuk tujuan itu akan lebih efektif dan lebih mudah ketimbang kita menambahkan menu lagi di website.

4. Desain

Seperti yang telah saya sebutkan pada poin sebelumnya, bahwa biasanya website mempunyai banyak menu yang memberikan informasi tentang suatu bisnis.

Desain dari sebuah landing page umumnya lebih sederhana namun detail dan spesifik menjelaskan tentang apa yang akan kita peroleh dan apa yang harus kita lakukan secara jelas. Jadi jika kamu mau membuat landing page maka sebaiknya hindarilah informasi yang terlalu berbelit-belit.

Ciri–Ciri Website

  • Website mengandung halaman umum yang berisi segala informasi tentang sebuah Organisasi, Komunitas atau Bisnis.
  • Terdapat tombol menu navigasi yang menuju halaman tertentu.

Ciri–Ciri Landing Page

  • Halaman khusus yang isinya detail dan spesifik.
  • Berfungsi secara Khusus untuk memberikan penawaran produk, jasa, dll.
  • Dibuat khusus agar pengunjung dapat lebih fokus pada satu produk dan melakukan transaksi.
  • Mengajak pengguna untuk melakukan aksi sesuai Call To Action yang dibuat seperti Formulir, Newsletter, Pembelian Produk, dll.

Penggunaan Website dan Landing Page

Mungkin kamu masih merasa bingung, apakah harus memakai landing page ataukah memakai website. Maka dari itu, kamu harus pahami dulu tujuan kamu.

Jika sekedar hanya ingin berbagi informasi atau artikel, dimana hanya berisi postingan dan tulisan pribadi serta kontennya bervariasi, maka tentunya kamu harus menggunakan website.

Akan tetapi, apabila tujuan kamu ingin menawarkan sebuah produk atau jasa tertentu, maka sebaiknya kamu menggunakan landing page. Anggap saja landing page tersebut berfungsi sebagai brosur dari produk kamu.

Oke, saya pikir cukup sekian saja tulisan saya mengenai perbedaan website dan landing page ya. Semoga kamu dapat memahami apa yang sedang kamu baca dan bermanfaat untuk pribadi dan bisnis kamu.

Iffah Seorang Ibu Rumah Tangga yang sehari-harinya mengurusi Suami dan Anak nyambi belajar bisnis online dan berusaha berbagi informasi yang dirasa bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *